Proses Instalasi pompa submersible

Proses Instalasi pompa submersible
Proses pemasangan pompa submersible

SUMBER: https://eddypump.com/id/pendidikan/pompa-what-to-know-about-submersible/
Seperti namanya, pompa submersible dirancang untuk bekerja dengan seluruh rakitan, terdiri dari pompa dan motor, terendam penuh dalam air atau media untuk diolah. Jenis pompa ini memiliki motor tertutup rapat yang dekat dengan bodi pompa. Selungkup kedap air di sekitar motor biasanya diisi dengan minyak untuk melindunginya dari kerusakan dengan mencegah masuknya cairan apapun yang bisa menyebabkan korsleting.

Pompa submersible beroperasi dengan cara mendorong, berlawanan dengan gambar, cairan selama proses pemompaan. Ini sangat efisien karena pompa menggunakan kepala cairan di mana ia terendam untuk beroperasi dan tidak ada energi yang dihabiskan untuk menarik cairan ke dalam pompa. Motor didinginkan oleh cairan di sekitarnya, mencegah overheating.

Banyak pompa submersible di industri minyak dan gas beroperasi sesuai prinsip Electric Submersible Pumping (ESP). Ini adalah metode hemat biaya untuk mengangkat sejumlah besar cairan dari sumur dalam. Motor yang digunakan dalam sistem ESP dirancang untuk beroperasi di bawah suhu dan tekanan tinggi. Mereka membutuhkan kabel listrik khusus dan bisa mahal untuk dijalankan.

Keuntungan dan Kerugian Pompa Submersible
Pompa submersible menawarkan beberapa keunggulan utama dibandingkan jenis pompa lainnya:

Priming: Mereka tidak harus prima. Mereka adalah self pri priming karena mereka beroperasi di bawah permukaan cairan yang dipompa.

Kavitasi: Karena mereka sepenuhnya terendam, pompa submersible tidak rentan terhadap kavitasi. Ini bisa menjadi masalah dengan pompa sentrifugal dan jenis pompa perpindahan positif lainnya.

Efisiensi: Sebuah pompa submersible memiliki tekanan kepala cairan pada ujung hisap untuk membantu beroperasi. Tidak perlu menggunakan banyak energi dalam menarik cairan ke dalam pompa dan karena itu lebih efisien.

Kebisingan: Terendam, pompa ini sangat sepi di kebanyakan aplikasi.

Ada juga beberapa kelemahan yang harus dihadapi:

Aksesibilitas: Pompa submersible seringkali tidak mudah diakses untuk pemeriksaan rutin atau perawatan, terutama pada aplikasi sumur dalam. Hal ini membuat sulit melakukan perawatan preventif dan pada banyak aplikasi pompa dibiarkan berjalan sampai mereka rusak dan perlu diganti.

Korosi: Terlalu lama terpapar cairan apa pun akan menyebabkan korosi. Pompa submersible sering digunakan untuk menangani cairan yang bersifat korosif dan abrasif. Segel sangat rentan terhadap korosi, yang menyebabkan kebocoran dan kerusakan pada motor. Untuk menangkal korosi, pompa ini perlu dibuat dari material tahan korosi, yang dapat membuatnya lebih mahal daripada jenis pompa lain dengan kapasitas yang sama.

Bila memungkinkan, pompa submersible harus diperiksa sesering mungkin. Dengan cara ini, perbaikan yang diperlukan dapat dilakukan untuk memperpanjang umur pompa.

Aplikasi Pompa Submersible
Pompa submersible umumnya sangat andal dan mampu beroperasi dengan baik dalam kondisi yang keras. Mereka dibuat dengan coran besi yang kuat dan terlindungi dari korosi dengan epoxy berlapis.

Ini adalah beberapa aplikasi utama untuk pompa ini:

Air Limbah: Pompa submersible banyak digunakan di industri pasir dan air limbah. Mereka sering digunakan di stasiun pompa dan angkat karena mereka kompak dan lebih murah untuk dipasang daripada pompa lain.

Pengolahan limbah: Aplikasi ini membutuhkan pompa submersible, seperti pompa grinder, yang bisa mengangkut bahan padat tanpa terhalang masuk ke debit. Pompa ini sering mengurangi bahan limbah menjadi partikel untuk perawatan lebih mudah dan perawatan di hilir.

Pemompaan Sump: Pompa submersible sering digunakan untuk mengeluarkan cairan dari area tertentu tanpa kedalaman yang besar. Ini bisa termasuk mengosongkan kolam tailing dari operasi penambangan atau memompa air dari bangunan setelah banjir.

Pengerukan: Pompa ini digunakan oleh otoritas pelabuhan untuk mengeruk pelabuhan. Mereka harus dirancang khusus untuk menangani cairan dengan kandungan padat tinggi.

Wells: Sumur air dan lubang bor menggunakan pompa ini untuk mengangkat air ke permukaan. Industri minyak dan gas bumi menggunakan pompa submersible ESP untuk mengangkat minyak ke permukaan dari sumur dalam.

Pertambangan: Tambang menggunakan pompa submersible ESP yang dirancang berbeda dari yang digunakan dalam industri minyak dan gas bumi. Mereka harus menghadapi kondisi parah karena air tambang sangat asam dan membawa padatan tersuspensi.

Aplikasi kelautan: Pompa submersible digunakan oleh semua kapal yang berlayar di laut untuk menghadapi banjir dan tongkang bongkar muat.

Pompa submersible bisa sangat diperlukan. Dalam beberapa kasus ini, industri tidak akan bisa beroperasi tanpa mereka.